Informasi-informasi menarik mengenai teknologi informasi, tips dan trick tentang ilmu komputer.

Wednesday, July 20, 2011

Earphone Membahayakan Telinga dan Pendengaran

Bagi pecinta musik, sehari-hari kita selalu dihadapkan pada alat yang selalu familiar dengan telinga tercinta kita, yaitu Earphone. Earphone merupakan alat yang digunakan untuk mendengarkan musik yang langsung terhubung dengan telinga kita. bentuk speaker mini akan di dekatkan di samping telinga kita.
Earphone
Kemudahan dan kenyamanan dalam mendengarkan Musik ini ternyata tidak seindah dengan bahaya yang akan ditimbulkan karena terdapatnya Bahaya Penggunaan Headset [ Earphone ]. Terlalu sering menggunakan atau terlalu memaksa pemakaian headset akan menyebabkan kerusakan gangguan pendengaran atau penurunan fungsi pendengaran [tuli, budeg dll.]. Apalagi biasanya earphone/headset digunakan dengan diset sekeras-kerasnya untuk "melawan" noise dari luar yang biasanya kita gunakan di tempat-tempat ramai/ bising. Ini sangat beresiko tinggi."

"Sebuah sumber misalnya mengatakan bahwa,telinga yang terekspos suara diatas 85 dB (85 Desibel ) dapat mengakibatkan kehilangan pendengaran permanen, tergantung tingkat volume suara dan berapa lama mendengarkan."

"Penelitian yang dilakukan oleh Mr.Brian J.Fligor, mengatakan bahwa semakin dekat sumber suara ke gendang telinga maka semakin tinggi tingkat suara dan lebih relatif berisiko kerusakan telinga di bandingkan headphone."

"Mr.Brian J.Fligor menyarankan bahwa penggunaan jangan melebihi satu jam per hari dengan volume tingkat 6 dari skala 10. Sangat dianjurkan untuk mengecilkan volume suara dan berikan kesempatan telinga beristirahat."

Itulah segelintir informasi mengenai bahaya penggunaan  Headshet [ Earhone ]. Maka dari itu, para pembaca news-zonejava pencinta music maka haruslah berhati-hati dan tidak keseringan dalam penggunaan Earphone ini karena sesuai dengan peribahasa bahwa  Jika kamu menggunakan sesuatu secara berlebihan maka timbullah masalah berlebihan pula.

No comments:

Post a Comment